E-buSsinEsS

Perdagangan elektronik

 Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.


What is E-Commerce and E-Business ?

Saat ini dunia perdagangngan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangngan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini muncul transaksi yang menggunakan media Internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui Internet ini lebih dikenal dengan nama E-Commerece dan E-Business.

Secara umum E-commerce dapat diartikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulan: “e-commerce is a part of e-business”.

Definition

E-Commerce

: merupakan satu set dinamis teknologi , aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan , konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

E-Business

: merupakan kegiatan bernisnis di Internet yang tidak saja pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (bail individual maupun instansi).

Positive and Negative

Dampak Positive E-Commerce dan E-Business:

1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).

4. Melebarkan jangkauan (global reach).

5. Meningkatkan customer loyality.

6. Meningkatkan supplier management.

7. Memperpendek waktu produksi.

8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

 

  • Pemrograman E-Commerce dengan PHP dan MySQL

    Aplikasi perangkat lunak komputer dan Internet telah berkembang pesat pada dasawarsa ini, demikian pula dengan aplikasi web dan browser internet maupun intranet. Aplikasi ECommerce telah lama berkembang diawali dengan EDI (Electronic Data Interchange) yang telah berkembang dalam lingkup internasional. Dalam makalah ini diuraikan mengenai arsitektur sistem, tool dan konfigurasi yang diperlukan untuk mengimplementasi aplikasi web e-commerce, konsiderasi masalah keamanan sistem, perancangan dari sisi diagram alur aplikasi dan perancangan basis data, serta kode program PHP yang diperlukan untuk implementasi aplikasi ini. Digunakan bahasa pemrograman PHP karena kemudahan dalam pemrograman, dan kelengkapan fitur untuk mengimplementasi sistem e-commerce, kemampuan untuk cross platform, serta kemudahan untuk deployment bagi pengembang aplikasi.

  • Faktor kunci sukses dalam e-commerceDalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
    -Menyediakan harga kompetitif
    -Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
    -Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
    -Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan -diskon.
    -Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
    -Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
    -Mempermudah kegiatan perdagangan

  • Jaringan SME Center: Solusi Terpadu Bagi Pengembangan UKM 

       melalui Optimalisasi Sistem Informasi dan Aplikasi e-Business

Aplikasi http://www.SME-Center.com
Aplikasi http://www.sme-center.com dikembangkan oleh TELKOM khusus untuk mengakomodasi layanan e-business yang dibutuhkan oleh komonitas UKM dalam menunjang kegiatan bisnisnya. Layanan yang dapat diberikan kepada UKM adalah : Katalog produk UKM, Company profile UKM, Secure Colaborative Commerce, Supply Chain Management, Procurement, virtual training and education, dan virtual b2b marketplace.
Pengembangan layana pada aplikasi http://www.sme-center.com dilaksanakan bertahap sesuai dengan tingkat kebutuhan akan layanan tersebut oleh UKM sehingga akan berkembang seiring dengan perkembangan akan kesiapan UKM dalam menerima teknologi infokom sekaligus sebagai proses pembelajaran bagi UKM.
Multi Dimensional Networking
Dalam hal updating informasi / mengisi konten pada aplikasi yang telah dikembangkan tersebut, mengingat kedinamisan dan keanekaragaman informasi yang akan disajikan pada aplikasi http://www.sme-center.com, dibutuhkan kerjasama yang saling menguntungkan antara berbagai pihak yang terlibat dalam pengembangan UKM yaitu dengan Pemerintah, BUMN, BUMS, Perguruan Tinggi, LSM dsb.
Maksud kerjasama kemitraan dari berbagai institusi tersebut adalah untuk memberikan layanan yang bersifat total solusi e-business bagi komunitas UKM sebagai sasaran yang akan menerima layanan tersebut.
Mengingat kondisi cakupan geografis Indonesia yang begitu luas dengan sumber daya yang tersebar, maka tidak ada cara lain dalam pengemabangan UKM diperlukan suatu jaringan yang terintegrasi dan terpadu melalui teknolgi informasi dan komunikasi yang tepat yang akan membentuk jaringan pusat pusat komoditi unggulan melalui pusat pusat layanan SME Center yang dibangun di seluruh pelosok tanah air.
Melalui jaringan SME Center diharapkan akan mempercepat terbentukan struktur jaringan ekonomi bisnis UKM yang kuat dan terintegrasi melalui jaringan SME Center yang dilengkapi dengan sistem informasi dan aplikasi e-business yang bersifat global yang akan membantu UKM menigkatkan akses pasar, permodalan, manajemen, dan kualitas sehingga diharapkan akan terbentuknya ekonomi nasional yang kokoh berbasis UKM yang mampu bersaing ditingkat global dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s